The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pembelajaran Seni dan budaya dewasa ini  menghadapi  berbagai mas­alah baik dari sisi konsep teoretik maupun dari sisi praktik pem­belajaran di sekolah. Ber­bagai kajian telah banyak mencoba mene­la­ah permasalahan pembelajaran ter­sebut, baik berupa hasil pene­litian maupun hasil diskusi para pakar dan pen­didik seni. Kajian tersebut telah menemukan berbagai masalah dan peme­cahan­nya untuk ditindak lanjuti oleh berbagai pihak yang terlibat dalam pem­belajaran seni dan budaya. Pergeseran paradigma mau­pun filosofi pembelajar­an seni telah terjadi akibat perkembangan ilmu, tek­nologi, dan seni yang sangat pesat. Hal ini menjadi mas­alah utama dan sekaligus tantangan baru yang harus dihadapi oleh para praktisi seni disekolah.