The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Sertifikasi guru telah mengangkat harkat dan martabat guru dari sisi kesejahteraan yang diperoleh guru sebagai konsekuensi logis terhadap sertifikat guru profesional yang dimilikinya. Namun, mendapatkan gaji yang besar belum menjamin meningkatnya kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Dari empat kompetensi guru, pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, dua kompetensi, yaitu pedagogik dan profesional berkaitan langsung dengan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran yang bermutu. Penelitian ini mencoba menganalisis kinerja guru bahasa Inggris yang belum dan telah sertifikasi pada kompetensi pedagogik dan profesional tersebut.

Data diperoleh dari 36 responden yang terdiri dari 16 orang guru SMA Padang Panjang yang belum mengikuti sertifikasi dan 20 orang guru yang telah lulus sertifikasi guru pada tahun ajaran 2010/2011. Data dikumpulkan dengan angket yang menggunakan skala likert berisi penilaian tentang capaian kompetensi pedagogik dan profesional guru yang belum dan telah sertifikasi. Data dianalisis dengan mencari skor rata-rata pada masing-masing kompetensi dan subkompetensi pedagogik dan profesional.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik dan profesional guru bahasa Inggris yang telah sertifikasi lebih baik dari guru belum sertifikasi, tetapi pada beberapa subkompetensi tidak ada perbedaan antara kompetensi guru yang belum dan telah sertifikasi.

Kata Kunci: Guru Profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kinerja