PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI TEKNIK CLUSTERING BAGI MAHASISWA REGULER MANDIRI PGSD FIP UNP
(1) PGSD FIP Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa PGSD FIP UNP dalam kegiatan menulis yang ditugaskan mata kuliah bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari mahasiswa sulit menemukan ide yang akan ditulis, sulit dalam menyusun dan mengembangkan paragraf, serta struktur karangan tidak runtut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis mahasiswa PGSD melalui teknik clustering.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Reguler Mandiri 08 PGSD FIP UNP yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian meliputi 1) perencanaan; 2) pelaksanaan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan; 3) pengamatan/observasi, dan 4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan pengamatan/observasi dan hasil karangan mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis mahasiswa melalui teknik clustering dapat meningkat. Hal ini terlihat dari hasil siklus I nilai rata-rata karangan mahasiswa adalah 60,7 atau berkualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 69,6 atau berkualifikasi baik. Peningkatan ini terjadi karena mahasiswa pada tahap prapenulisan sudah dapat mengumpulkan ide, mengelompokkan bahan untuk sebuah paragraf/karangan. Pada tahap penulisan mahasiswa mampu mengembangkan karangan sesuai kerangka/ bahan yang terkumpul dan menyusun paragrafnya, serta melakukan penulisan dengan benar. Pada tahap pascapenulisan mahasiswa sudah mampu merevisi karangan teman serta mengedit sesuai EYD. Oleh sebab itu, disarankan kepada guru agar dapat menggunakan tekhnik clustering untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa/mahasiswa.
Kata Kunci:kemampuan menulis, teknik clustering, mahasiswa PGSD
Article Metrics
Abstract Views : 213 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.