PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI TEKNIK CLUSTERING BAGI MAHASISWA REGULER MANDIRI PGSD FIP UNP

Ritawati Mahyudin(1),
(1) PGSD FIP Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa PGSD FIP UNP dalam kegiatan menulis yang ditugaskan  mata kuliah bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari mahasiswa sulit menemukan ide yang akan ditulis, sulit dalam menyusun dan mengembangkan paragraf, serta struktur karangan tidak runtut.  Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis mahasiswa PGSD melalui teknik clustering.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Reguler Mandiri 08 PGSD FIP UNP yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian  meliputi 1) perencanaan; 2) pelaksanaan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan; 3) pengamatan/observasi, dan 4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan pengamatan/observasi dan hasil karangan mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis mahasiswa melalui teknik clustering dapat meningkat. Hal ini terlihat dari hasil siklus I nilai rata-rata karangan mahasiswa adalah 60,7 atau  berkualifikasi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 69,6 atau berkualifikasi baik. Peningkatan ini terjadi  karena mahasiswa pada tahap prapenulisan  sudah  dapat mengumpulkan ide, mengelompokkan bahan  untuk sebuah paragraf/karangan. Pada  tahap penulisan mahasiswa  mampu mengembangkan karangan sesuai kerangka/ bahan yang terkumpul dan menyusun paragrafnya, serta melakukan penulisan dengan benar. Pada tahap pascapenulisan mahasiswa sudah mampu merevisi karangan teman serta mengedit sesuai EYD. Oleh sebab itu, disarankan kepada guru agar dapat menggunakan tekhnik clustering untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa/mahasiswa.

Kata Kunci:kemampuan menulis, teknik clustering, mahasiswa PGSD


Article Metrics

 Abstract Views : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.