Model Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis ICT

Yasnur Asri(1),
(1) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author



Abstract


Makalah ini bertujuan menawarkan salah satu model pembelajaran menulis kreatif berbasis ICT. Model ini ditawarkan karena dalam  pembelajaran menulis kreatif selama ini belum mampu membuat peserta didik mempunyai kompetensi dalam  menulis. Belum terwujudnya kompetensi itu salah satu pemicunya adalah karena sebagian besar pendidik masih menganut paradigma pemebelajaran konvensional, yakni pembelajaran cenderung membuat suasana belajar menjadi pasif, dan peserta didik menjadi “lima-D”, yakni datang, duduk, dengar, dikte, dan diam. Suasana proses pembelajaran yang seperti itu berlangsung dalam suasana “lima-K”, yaitu proses pembelajaran yang penuh kelambanan, kemuraman, kesuraman, kemandulan, dan kemunduran.  Suasana pembelajaran yang seperti ini perlu diatasi, dan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengembangkan model pembelajaran yang berbasis ICT. Sebab, dalam era global seperti sekarang ini, setuju atau tidak, mau atau tidak mau, kita harus berhubungan dengan teknologi khususnya teknologi informasi. Internet sebagai salah bentuk produk IT telah mengubah pola berkomunikasi antarmanusia dalam dunia maya. Melalui internet setiap orang dapat berkomunikasi, bahkan dunia pendidikan pun tidak luput untuk memanfaatkannya, sehingga pembelajaran di kelas pun menjadi kelas maya.


Article Metrics

 Abstract Views : 336 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.