PENDEKATAN PSIKOLOGI BAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA: Sebuah Model untuk Mencerdaskan Bangsa
(1) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas  Indonesia
Corresponding Author
Abstract
Makalah ini membahas tentang model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis psikologi bahasa (psikolinguistik) untuk mencerdaskan bangsa, melalui tiga tahapan proses mental, yaitu komprehensi, produksi, dan bio-neurologis. Model ini diharapkan dapat diterapkan terhadap guru dan peserta didik kelas IV sekolah dasar sampai kelas XII sekolah menengah. Penyusunan model ini melibatkan peran serta guru, pemerintah, dan orang tua, guna membangun paradigma pendidikan yang dapat mencerdaskan bangsa.
Berdasarkan kajian psikologi dan neurologi bahasa, maka tersusun suatu model sederhana pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, yaitu Menudas (Membaca + menulis à cerdas). Menudas ini diperoleh melalui buku-buku karya sastra Indonesia tekenal yang mendunia melalui pengaktifan area sensorik dan motorik, sehingga terjadi pencerdasan mentalistik bangsa Indonesia.
Article Metrics
Abstract Views : 1256 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.