Pengembangan Buku Pengayaan Multisensori pada Pembelajaran Literasi Baca Usia Dini

Pandita Ningrum, Liliana Muliastuti, Miftahulkhairah Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku pengayaan multisensori untuk anak usia dini guna meningkatkan literasi mereka. Dengan pendekatan yang melibatkan berbagai indra (visual, audio, kinestetik, dan taktil), buku ini diharapkan membantu anak-anak memahami materi secara lebih efektif, memperkuat fondasi literasi mereka, serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan akademik di masa depan, termasuk peningkatan skor dalam tes PISA. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah PAUD di Jakarta pada semester II tahun 2023/2024, menggunakan pendekatan RnD model Borg and Gall untuk mengembangkan buku pengayaan multisensori bagi literasi baca usia dini. Proses meliputi analisis kebutuhan, desain produk, validasi, dan revisi buku berdasarkan hasil angket, observasi, dan wawancara dengan guru dan ahli. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan dari kurikulum PAUD dan masukan dari guru serta siswa. Guru menginginkan buku pengayaan yang fungsional, edukatif, menarik, dan menghibur, sedangkan anak-anak lebih suka tema petualangan dan rekreasi dengan elemen permainan sensori. Buku pengayaan ini menawarkan variasi baru dalam literasi baca usia dini, menggunakan pendekatan multisensori, termasuk silent book, smell book, sound book, dan pop-up book. Pengembangan buku melalui beberapa tahap desain dan model telah divalidasi oleh ahli literasi dan media pop-up. Buku "Aku Bisa Merasakan" dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pengajaran literasi baca usia dini. Penelitian buku pengayaan multisensori perlu dilanjutkan hingga uji coba dan efektivitas. Buku ini dapat dikembangkan dengan tema berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran literasi baca usia dini.


Keywords


buku anak multisensori, literasi baca, pembelajaran usia dini.

Full Text:

PDF

References


Amri, Ahmad Syaiful. 2023. “Penggunaan Google Search Sebagai Sumber Belajar MahasiswaProdi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda.” Samarinda: Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris . http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4271.

Bratsch-Hines, Mary E., Margaret Burchinal, Ellen Peisner-Feinberg, and Ximena Franco. 2019. “Frequency of Instructional Practices in Rural Prekindergarten Classrooms and Associations with Child Language and Literacy Skills.” Early Childhood Research Quarterly 47: 74–88. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.10.001.

Faruq, and Wiwien Dinar Pratisti. 2022. “Model Pembelajaran Multisensori Bagi Anak Disleksia, Efektif?: Tinjauan Sistematis.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 7 (3): 243–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.392.

Hilmawati, Darwin Effendi, and Padilah. 2024. “Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Membaca Anak Awal Di Kelompok B Kb Thia Ananda Mariana.” Journal on Education 6 (2): 11695–705. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.3968.

Kemenristek. 2022. Capaian Pembelajaran Satuan PAUD. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/paud/Capaian-Pembelajaran-PAUD.pdf.

Kiliç, Ali. 2021. “Three dimensional movable books for children.” Journal of awareness 6 (2): 179–84. https://doi.org/10.26809/joa.6.2.08.

Kucirkova, Natalia, and Lucy Rodriguez-Leon. 2023. “Multisensory Reading in Early Childhood: Systematic Review with Theoretical Guidance for Human Development Studies.” Human Development 67 (4): 193–210. https://doi.org/10.1159/000531633.

Masfufah, Ulfa. 2021. “Bahasa & Perkembangan Literasi Pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur.” Alzam : Journal Of Islamic Early Childhood Education 1 (1): 7–13. https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.131.

McCracken, Heather S., Bernadette A. Murphy, Cheryl M. Glazebrook, James J. Burkitt, Antonia M. Karellas, and Paul C. Yielder. 2019. “Audiovisual Multisensory Integration and Evoked Potentials in Young Adults with and without Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder.” Frontiers in Human Neuroscience 13: 95. https://doi.org/10.3389/fnhum.2019.00095.

Ningrum, Pandita, Liliana Muliastuti, Miftahulkhairah Anwar, and Helvy Tiana Rosa. 2024. “Analisis Kebutuhan Buku Multisensori Untuk Pembelajaran Literasi PAUD.” Kata 12 (1): 24–38. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/29622.

Novitasari, Yesi, and Mohammad Fauziddin. 2022. “Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (4): 3570–77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333.

Ruhaena, Lisnawati, and Juni Ambarwati. 2015. “Pengembangan Minat Dan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Di Rumah.” University Research Colloquium 2: 172–79. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/1506.

Saryono, Djoko, ed. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sitepu, B. P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaratri, Ratna Dyah, Eko Hadi Prayitno, and Wuryani Wuryani. 2019. “The Implementation of Multi-Sensory Learning at Elementary Schools in Jakarta.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 13 (1): 100–113. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.08.

Ulumudin, Ikhya, Mahdiansyah, and Bambang Suwardi Joko. 2017. Kajian Buku Teks Dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jakarta: Kemendikbud.




DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v12i3.131161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bahasa dan Sastra (2302-3538) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International  License

Publisher: Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Padang