Eksplorasi Gaya Bahasa dan Metode Pengulangan Qur’ani Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini

Muhammad Nurfaizi Arya Rahardja, Faisal Fauzan Ilyasa, Lu'Lu' Husniah, Cucu Surahman, Udin Supriadi

Abstract


Akhlak merupakan aspek terpenting yang harus dimiliki manusia guna menjalani kehidupan bersosial. Penanaman akhlak sudah harus dimulai semenjak anak menginjak fase golden age, yaitu di rentang usia 0-9 tahun. Namun, metode dalam penanaman akhlak masih terkesan monoton dan membosankan sehingga akhlak yang terserap oleh anakn tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya bahasa dan metode pengulangan kisah dalam Al-Qur’an serta relevansinya terhadap pendidikan akhlak anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan library research untuk mendapatkan datanya dan deskriptif-analisis sebagai alat analisisnya. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Al-Qur’an dalam menyampaikan kisah menggunakan beragam gaya bahasa sehingga menarik perhatian dan menimbulkan rasa senang ketika mendengarnya, (2) Al-Qur’an menggunakan metode pengulangan dalam menyampaikan nilai-nilai dalam kisahnya sehingga nilai tersebut dapat tertanam secara perlahan di benak manusia, dan (3) metode pengulangan dan gaya bahasa dalam Al-Qur’an sangat relevan dengan upaya pendidikan akhlak anak usia dini, yaitu dengan yaitu menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton, menggunakan bahasa yang halus, menggunakan bahasa kiasan, menggunakan sindiran yang halus, menggunakan hal yang menarik perhatian, menggunakan bahasa yang indah dan penuh penekanan, menunjukkan sikap rendah diri, dan memberikan motivasi kepada peserta didik.


Keywords


Metode Pengulangan; Gaya Bahasa; al-Qur’an; Pendidikan Akhlak; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdussalam, Aam. 2017. Pembelajaran dalam Islam: Konsep Ta’lim dalam al-Qur’an. Yogyakarta: Maghza.

Abdussalam, Aam, dan Cucu Surahman. 2022. Metodologi Tafsir Tarbawi. Bandung: UPI Press.

Al-Qaththan, Syaikh Manna. 2018. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Pustaka Al-Kautsar.

Firman, Walni, dan Laode Anhusadar. 2022. “Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini.” KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3 (2): 28–37.

Gautama, Syahrido. 2023. “Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Ibnu Khaldun.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3 (5): 1930–41.

Hernawati, Sari, Muhammad Hafizh, dan Muhammad Nurfaizi Arya Rahardja. 2024. “Adjusting the Ideal Islamic Religious Education Curriculum to the Development of AI-Based Technology.” Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 13 (1): 129–44.

Khaidir, Kosilah, Agus Kistian, Nur Dafiq, Miswar Saputra, dan Nur Kholik. 2021. Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Khomsiyatin, Khomsiyatin, Nurul Iman, dan Ayok Ariyanto. 2017. “Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo.” Educan: Jurnal Pendidikan Islam 1 (2). https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1444.

Miles, Matthew B, dan A Michael Huberman. 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Mucharomah, Miftah. 2017. “Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Quran.” Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 146–71. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1666.

Mursalim, Mursalim. 2017. “Gaya Bahasa Pengulangan Kisah Nabi Musa As. Dalam Al-Qur’an: Suatu Kajian Stilistika.” LENTERA: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 1 (01). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/lentera.v1i01.831.

Mushab, Mushab Al Umairi. 2023. “Pengembangan Interaksi dan Perilaku Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Abad 21.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4 (2): 1–12.

Ningtias, Annisa, dan Fahrudin Fahrudin. 2024. “Etika dalam Mitos dan Legenda Islam: Menggali Kearifan Tradisional.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 8 (1): 103–20.

Ningtias, Annisa, Ati Sobarna, dan Helmi Aziz. 2023. “Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah Islam pada Sekolah Dasar Berbasis Pesantren SD IT Al-Maqom.” In Bandung Conference Series: Islamic Education, 3:94–100.

Nuqrah, Al-Tihami. 1974. Sikolojiyah al-Qishash fi al-Qur’an. Tunis: al-Syirkah al-Tunisiyah li al-Tauzi.

Oktavia, Dewi Mike, dan Junaisih Dewi Madya. 2021. “Upaya Penanaman Pendidikan Akhlak Melalui Metode Cerita Bergambar pada Anak Usia Dini.” . 2 (2): 203–17.

Oktaviana, Anita, Marhumah, Erni Munastiwi, dan Na’imah. 2022. “Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5): 5297–5306. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715.

Pereira, Andreia G., Tânia M. Lima, dan Fernando Charrua-Santos. 2020. “Industry 4.0 and Society 5.0: Opportunities and Threats.” International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE) 8 (5): 3305–8. https://doi.org/10.35940/ijrte.D8764.018520.

Purba, Ilyas Adhi, dan Zuraidah Zuraidah. 2021. “Efektivitas tanya jawab sebagai metode pengulangan materi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran saat daring.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2): 134–44. https://doi.org/https://doi.org/10.51158/abdikmas.v1i2.553.

Rahardja, Muhammad Nurfaizi Arya, Fahrudin, Anggi Afrina Rambe, dan Regita Ayu Dwietama. 2024. “Pendidikan Akhlak Memuliakan Tamu dalam Qs. al-Ẓāriyāt/51: 24-31: Urgensi dan Metode Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11474.

Rahardja, Muhammad Nurfaizi Arya, Muhammad Maulana Malik Ibrohim, Miftahul Jannah Akmal, Annisa Ningtias Cevie Putri, dan Elan Sumarna. 2023. “Eksplorasi Nilai Pendidikan Islam: Kajian Komparatif Hadis Tarbawi antara Masa Rasulullah dan Era Saat Ini.” JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES 12 (2): 155–76.

Rahardja, Muhammad Nurfaizi Arya, Anggi Afrina Rambe, Miftahul Jannah Akmal, Annisa Ningtias Cevie Putri, Regita Ayu Dwietama, dan Endis Firdaus. 2024. “Menuju Super Smart Era 5.0: Tantangan Baru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 21 (1): 65–82. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(1).16480.

Rambe, Anggi Afrina, dan Wirdati Wirdati. 2022. “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” An-Nuha 2 (1): 166–75.

Raniya, Pudyas Tataquna, dan Waharjani Waharjani. 2023. “Pendidikan Akhlak Kepada Anak Melalui Metode Habituasi (Telaah Hadits Abu Dawud dan at-Tirmidzi).” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (2): 759–67.

Rohendi, Edi. 2016. “Pendidikan karakter di sekolah.” Eduhumaniora| jurnal pendidikan dasar kampus cibiru 3 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795.

Rohmah, Siti. 2021. Akhlak Tasawuf. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sholichah, Aas Siti, Wildan Alwi, dan Ahmad Fajri. 2020. “Implementasi metode keteladanan dalam meningkatkan mutu pendidikan akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi kasus di SMP Islam An-Nasiriin Jakarta Barat.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3 (02): 163–82.

Sopian, Asep. 2017. “Stilistika Dialog Qur’ani dalam Kisah Nabi Nuh As.” Bahasa dan Seni 45 (2): 181–96.

Syafiqurrohman, Muhammad. 2020. “Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12 (1): 37–48.

Syahidin. 2020. Aplikasi Model Pendidikan Qur’ani dalam Pembelajaran Islam di Sekolah. Bandung: UPI Press.

Tambak, Syahraini. 2016. “Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13 (2): 110–27. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini (Metode Membangung Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zen, Auliya Rahmi, Muhammad Zalnur, Munawir K, Yunita Pratiwi, dan Anggi Afrina Rambe. 2022. “Parenting Model and the Effects Toward Children’s Akhlaq: An Ethnographic Study of Coastal Community in Padang West Sumatera.” International Journal of Islamic Studies Higher Education 1 (1): 30–41. https://doi.org/10.24036/insight.v1i1.112.




DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v12i2.128018

Refbacks



Jurnal Bahasa dan Sastra (2302-3538) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International  License

Publisher: Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Padang