Apakah Metode Project Based Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Masa Pandemi Covid-19?
Abstract
Student’s writing skill is an important aspect of linguistic ability, yet many students develop a poor interest in writing skill. The Classroom Action Research is based on the low ability of student’s writing skills. For that reason through the method of project based learning, it is expected that student’s writing skills should increase. It was conducted at SMP Negeri 4 Manggar, during the covid-19 pandemic. This research used three cycles which each cycle consisting of two meetings with four stages (design, implementation, observation, and reflection). The data obtained were formative test results, student activeness observation sheets, teaching and learning activities and questionnaires. The results showed that student learning rate of each cycle had increased. The percentage of classical completeness in first cycle was 53%, second cycle was 73%, and third cycle was 93%. The student activeness in the teaching and learning process in first cycle was 65%, second cycle was 83%, and third cycle was 92%. Overall it can be concluded that the Project Based Learning method can improve the writing skills ability of class VIII-A1 students of SMP Negeri 4 Manggar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Harpatmi, Sri. 2019. “Peningkatan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Pembelajaran Project Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019)”. Skripsi. Universitas Widya Dharma.
Iswara, Prana Dwija. 2016. "Pengembangan materi ajar dan evaluasi pada keterampilan menulis dan berbicara di sekolah dasar." Diakses Dari Https://www. Researchgate. Net/. Retrieved from https://www. researchgate.net/profile/Prana_Iswara/publication/303371521_Pengembangan_Materi_Ajar_dan_Evaluasi_pada_Keterampilan_Menulis_dan_Berbicara_di_Sekolah_Dasar/links/573ed07d08ae9ace841314f2. pdf
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat. (Diakses 21 Juni 2016).
Kasmadi, Kasmadi, Harsiati, Titik dan Nurhadi. 2016. "Pengembangan perangkat asesmen autentik keterampilan menulis kelas VII dalam implementasi kurikulum 2013." Jurnal Pendidikan Humaniora 4(2): 106-114.
Keraf, Gorys. 1997. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Kristanti, Dyah Yulita, dan Subiki. 2017. "Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma." Jurnal Pembelajaran Fisika 5(2): 122-128.
Kusumaningrum, Sih, dan Djukri. 2016. "Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dank reativitas." Jurnal
Inovasi Pendidikan IPA 2(2): 241-251.
Lindawati, Fatmaryanti, Siska Desy dan Arif Maftukhin. 2016. "Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen." Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 3(1): 42-45
Mulyati, Yeti. 2014. Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka. Pdf.
Pratiwi, Septi, dan Ria Ariesta. 2014. "Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu." Jurnal Ilmiah Korpus 2(2): 210-218.
Purnomo, Eko Andy, dan Venissa Dian Mawarsari. 2014. "Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran ideal problem solving berbasis project based learning." Jurnal Karya Pendidikan Matematika 1(1): 24-32.
Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, dan Din Azwar Uswatun. 2020. "Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar." Jurnal Basic edu 4(4): 861-870.
Rahmazatullaili, Rahmazatullaili, Cut Morina Zubainur, dan Said Munzir. 2017. "Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning." Beta: Jurnal Tadris Matematika 10(2): 166-183.
Rais, Muh. 2010. "Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 43(3): 246-252.
Rakam, Ramlah. 2018. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Project Based Learning di SMK Negeri 1 Bireun." Serambi PTK 5(2): 1-6.
Rezeki, Rina Dwi, Nurhayati, Nanik Dwi, dan Sri Mulyani. 2015. "Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014." Jurnal Pendidikan Kimia 4(1): 74-81.
Sauhenda, Angla Florensy, Lay Riwu, and Yonarlianto Tembang. 2019. "Pengemangan Perangkat Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dan Cerita Pendek serta Implementasi Dalam Kurikulum 2013." Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 2(3): 395-407.
Sitaresmi, Kun Sasanti, Sulistyo Saputro, and Suryadi Budi Utomo. 2017. "Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016." Jurnal Pendidikan Kimia 6(1): 54-61.
Sugono, Dendy. 2013. Mahir berbahasa Indonesia dengan benar. Gramedia Pustaka Utama/
Suprianto, Edy. 2020. "Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan MenulisTeks Eksplanasi." Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1(2): 22-32.
Syukur, Mita, dan Emidar Emidar. 2020. "Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP." Pendidikan Bahasa Indonesia 8(3): 245-252.
Yunita, Dwi, dan Astuti Wijayanti. 2017. "Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa." Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 3(2): 153-160.
DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.112410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bahasa dan Sastra (2302-3538) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.