Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Graphic Organizer bisa meningkatkan kemampuan pemahaman membaca teks analytical exposition dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kemampuan pemahaman dalam membaca teks analytical exposition siswa kelas XI IPS SMA Kalam Kudus Padang tersebut. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Dimana pada masing-masing siklus terdiri dari lima kali pertemuan; empat pertemuan untuk pembelajaran membaca teks analytical exposition dan satu kali pertemuan untuk tes pemahaman membaca. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes pemahaman membaca, lembar pengamatan, catatan lapangan, dan interview.Temuan penelitian ini yaitu penggunaan Graphic Organizer dapat meningkatkan nilai pemahaman membaca teks analytical exposition dan faktor apa yang mempengaruhi peningkatan kemampuan siswa tersebut adalah keaktifan siswa, variasi teknik dan bahan ajar yang tepat dalam menggunakan Graphic Organizer. Peningkatan ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari siklus 1 dan ke 2. Nilai rata-rata siswa pada siklus pertama adalah 66 dan pada siklus kedua adalah 71.
Key Words:Reading Comprehension, Analytical Exposition Text, Graphic Organizers