Using PQRST Strategy to Improve Students’ Reading Comprehension of Hortatory Exposition Texts at Grade XI IPS of MA Diniyah Puteri, Pekanbaru
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
Full Text: Language : en
Abstract
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sejauh mana Preview, Question, Read, Summarize, and Test (strategi PQRST) meningkatkan pengajaran dan proses pembelajaran yang natinya dapat meningkatkan pemahaman membaca teks hortatory exposition mereka dan juga untuk menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan pemahaman membaca mereka selama penggunaan strategi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain penelitian tindakan kelas yang prosesnya bersiklus meliputi perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan, dan refleksi selama dua siklus. Data kualitatif dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi untuk guru dan siswa. Selain itu, catatan lapangan dan wawancara juga digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Kemudian, data kuantitatif dikumpulkan dengan memberikan tes pemahaman membaca narratif teks.Data kuantitatif dianalisis dengan memberikan skor pada hasil tes pemahaman membaca lalu hasil pemberian skor dikalkulasikan untuk mencari nilai rata-rata (mean) untuk menjelaskan peningkatan setiap indicator pemahaman membaca di setiap siklus. Hasil dari analisis kuantitatif dihubungkan dengan hasil analisis kualitatif untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan secara kualitatif. Selama dua siklus, penelitian ini membuahkan hasil yang menunjukkan bahwa penerapan strategi PQRST dapat meningkatkan proses pengajaran dan pembelajaran pemahaman membaca teks hortatory exposition siswa.
Key words: reading comprehension, hortatory exposition, PQRST strategy
Article Metrics
Abstract Views : 1041 timesPDF Downloaded : 2196 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.