Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi “give one get one” dan motivasi terhadap pemahaman membaca siswa kelas X MIA SMAN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes membaca dan angket motivasi belajar. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling; dengan total 64 orang. Data kemampuan membaca diperoleh setelah melakukan perlakuan terhadap kedua sampel dan data motivasi belajar diperoleh melalui pembagian angket kepada kelas sampel. Data diolah secara manual dengan menggunakan Analisis of Variance (ANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi “give one get one” memperoleh hasil lebih baik dalam reading comprehension dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi small group discussion. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak adanya interaksi antara strategi yang digunakan dengan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh reading comprehension siswa yang bermotivasi rendah tidak melebihi reading comprehension siswa yang bermotivasi tinggi. Ini berarti bahwa strategi “give ome get one” mampu meningkatakan reading comprehension siswa.
Keyword: Give one get one, small group discussion, motivation, reading comprehension.