Abstract
Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menjelaskan: (1) strategi belajar bahasa yang digunakan oleh siswa yang sukses dalam speaking. (2) strategi belajar bahasa yang digunakan oleh siswa yang tidak sukses dalam speaking. (3) cara siswa yang sukses dalam menggunakan strategi belajar bahasa dalam speaking. (4) cara siswa yang tidak sukses dalam menggunakan strategi belajar bahasa dalam speaking. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes berbicara, angket dalam bentuk strategi iventori belajar bahasa, wawancara dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang sukses dalam speaking menggunakan strategi belajar cognitive, compensation, metacognitive, and social. Mereka telah menggunakan strategi belajar tersebut dengan benar berdasarkan sub indikator setiap strategi. Namun, sebagian dari mereka belum mengaplikasikannya dengan cara yang benar di speaking III. Kemudian strategi belajar berbicara yang digunakan oleh siswa yang tidak sukses adalah memory, metacognitive and affective. Mereka telah mengaplikasikan strategi-strategi belajar tersebut dan beberapa mahasiswa tidak melakukannya dengan cara yang benar.
Keywords : Strategy, Successful, Unsuccessful, Speaking.