Abstract
ABSTRAK : Deiksis adalah suatu alat untuk memahami ujaran pada tindak tutur atau teks tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi siswa dalam menafsirkan deiksis dalam teks naratif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMA Dharma Loka Pekanbaru. Instrumen kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Data kuantitatif diperoleh dari test membaca. Data kualitatif diperoleh dari wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi siswa dalam menafsirkan (1) persona deiksis pada teks naratif dikategorikan bagus, siswa kesulitan menafsirkan persona deiksis yang mengacu kedepan kalimat dan rujukan yang tersirat (2) deiksis tempat pada teks naratif dikategorikan bagus, siswa kesulitan menentukan lokasi tokoh dan menemukan kata kunci rujukan, (3) deiksis waktu pada naratif teks dikategorikan bagus, siswa kesulitan menentukan waktu ujaran dan penggunaan waktu, (4) deiksis tekstual pada teks naratif dikategorikan bagus, siswa kesulitan dengan pemahaman konteks, situasi, dan kosa kata yang digunakan, (5) deiksis sosial pada teks naratif dikategorikan bagus, siswa kesulitan dengan kosa kata dan pengetahuan umum. Walaupun demikian, kompetensi siswa dalam menafsirkan deiksis masih perlu ditingkatkan karena penguasaan kosa kata dan tata bahasa mereka masih rendah.
Keywords : Competence, Deixis, Narrative, Deixis in Narrative