The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


abstrak: Artikel ini ditulis untuk meneliti bagaimana dampak dari pengajaran resiprokal dan level minat baca terhadap pemahaman membaca mahasiswa pada mata kuliah Reading III STAIN Kerinci. Rancangan faktorial dengan jenis 2x2 digunakan karena memiliki dua faktor yaitu strategi pengajaran dan level minat baca. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III. Teknik pengambilan sampel menggunakan  sampel purposive. Terdapat dua sampel; kelas A dan B. Alat pengumpulan data yaitu tes pemahaman membaca dan kuisioner untuk pengelompokkan minat baca yang rendah dan tinggi. Teknik analisa data menggunakan statistik parametrik dengan menggunakan anova dua arah. Temuan yang didapat ialah terdapat interaksi antara dua strategi pengajaran dan level minat baca terhadap pemahaman membaca mahasiswa.


Keywords: Reciprocal Teaching, Reading Interest, Reading comprehension