The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan salah satu penelitian tentang penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam pengajaran membaca di SMPN 17 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru bahasa Inggris menerapkan GBA dalam mengajar membaca jenis-jenis teks dan mengidentifikasi kesulitan guru dalam mengajar membaca jenis-jenis teks dengan menggunakan GBA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Observasi dilakukan untuk melihat bagaimana guru bahasa Inggris menerapkan GBA dalam mengajar membaca jenis-jenis teks. Wawancara dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam mengajar dengan menggunakan GBA. Dari hasil observasi, guru mengulang aktifitas yang sama dalam menerapkan GBA di setiap kelas. Sedangkan dari hasil wawancara,  mereka mengatakan bahwa kesulitan yang dihadapi adalah keterbatasan kosakata siswa, grammar, kurangnya motivasi, dan keterbatasan waktu dalam mengajar menggunakan GBA.

 

Keywords: Implementation, genre, approach, reading