Abstract
Abstrak: Pemahaman membaca merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa. Kenyataannya, siswa masih menemui kendala, diantaranya nilai yang diperoleh dalam tes pemahaman membaca rendah. Rendahnya minat membaca, rendahnya penguasaan kosakata serta kurangya variasi strategi yang digunakan pengajar dalam mengajar menjadi faktor yang mempengaruhi pemahaman terhadap bacaan. Tujuan penelitian ini untuk menemukan pengaruh penggunaan dari GIST dan minat membaca terhadap pemahaman membaca siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semi eksperimental dengan rancangan factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini adalah siswa semester 5 jumlah populasi 92 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling; jumlah sampel adalah 62 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan strategi GIST mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan strategi questioning, (2) siswa dengan minat membaca yang tinggi yang diajarkan dengan strategi GIST mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan strategi questioning, (3) siswa dengan minat membaca yang rendah yang diajarkan dengan strategi GIST mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan strategi questioning, (4) tidak terdapat interaksi antara kedua strategi dan minat membaca siswa terhadap pemahaman membaca siswa.
Keywords : Generating interaction, schemata, reading interest, reading comprehension.