The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk mengetahui pengaruh dari Strategi Reader Response dan Minat Baca terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks naratif. Penelitian ini merupakan semi experimental dengan menggunakan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini diperoleh dari tes pemahaman membaca dalam teks naratif dan angket Minat Baca siswa. Dalam menganalisis data digunakan analisis uji t dan anova dua arah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi Reader Response memberikan efek yang signifikan terhadap pemahaman membaca  siswa jika dibandingkan Small Group Discussion yang biasa digunakan oleh guru dalam pengajaran membaca, (2) Tidak ditemukan adanya interaksi antara strategi pengajaran (Strategi Reader Response dan Small Group Discussion) dan Minat Baca siswa terhadap pemahaman membaca siswa, (3) Siswa dengan minat membaca yang tinggi yang diajarkan dengan Strategi Reader Response mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dalam teks naratif dibandingkan dengan yang diajarkan dengan Small Group Discussion (4) Siswa dengan minat baca yang rendah yang diajarkan dengan Strategi Reader Response lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan Small Group Discussion.

Keywords  : reader response strategi, reading interest, students’ reading comprehension of narrative text