The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik clustering dan motivasi  memberikan dampak yang signifikan terhadap keterampilan menulis paragraf recount di kelas X SMAN 1 Batang Anai. Teknik inidibandingkan dengan teknik konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian faktorial 2x2. Kelas X1 yang terdiri dari 32 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X2 yang juga terdiri dari 32 siswa ditetapkansebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes menulis dan angket motivasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) teknik clusteringmemberikan dampak positif terhadap kemampuan menulis paragraf recount dibandingkan dengan teknik konvensional dimana nilai thitung 2.45 lebih tinggi dari ttabel 1.70, (2) siswa dengan motivasi tinggi yang diajar menggunakan teknik clustering mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi tinggi yang diajar dengan memakai teknik konvensional, (3) siswa dengan motivasi belajar rendah yang diajar dengan teknik clustering mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi rendah yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, dan (4) tidak terdapat interaksi antara kedua teknik dan motivasi siswa terhadap kemampuan menulis paragraf recount siswa dimana nilai Fhitung nya adalah 0.150 yang lebih kecil daripada nilai Ftabel 4.02.

 

Key Words: clustering technique, motivation, writing recount paragraph, recount Text.