Abstract
Abstrak: Artikel ini ditulis untuk mengetahui pengaruh penggunaan dari strategi Know Want Learned (KWL) dan sikap siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris terhadap kemampuan membaca cepat siswa. Penelitian ini merupakan semi experimental menggunakan rancangan faktorial 2x2. Data peneilitian ini diperoleh dari hasil tes membaca cepat dan angket sikap siswa dalam kegiatan membaca. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi KWL memberikan efek yang signifikan terhadap kemampuan siswa membaca cepat dibandingkan dengan strategi Three Phase. 2) Kemampuan membaca cepat siswa yang memiliki sikap membaca tinggi yang diajar dengan strategi KWL jauh lebih baik daripada yang diajar dengan strategi Three Phase. 3) Kemampuan membaca cepat siswa yang memiliki sikap membaca rendah yang diajar dengan strategi KWL tidak jauh lebih baik daripada yang diajarkan dengan strategi Three Phase. 4) Tidak ditemukan interaksi antara strategi pengajaran dan sikap membaca terhadap kemampuan membaca cepat siswa.
Keywords : Know Want Learned (KWL), reading attitude, reading speed.