Abstract
Abstrak: Kemampuan berbicara mahasiswa pada mata kuliah bahasa inggris fakultas Syariah kelas A semester dua di pusat bahasa UIN Suska Pekanbaru rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa jauh think-pair-share strategi dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan kemampuan berbicara mahasiswa setelah penerapan strategi ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Peserta penetian adalah 25 orang mahasiswa fakultas Syariah kelas A semester dua di pusat bahasa UIN Suska Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbicara, lembar observasi, catatan lapangan dan panduan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa dengan menggunakan strategi think-pair-share lebih meningkat dibandingkan sebelum menggunakan strategi ini. Hal ini bisa dilihat pada nilai rata-rata mahasiswa di siklus petama yang hanya 62.4, naik menjadi 71.68 di akhir siklus kedua. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan keterampilan berbicara mahasiswa dengan melalui penerapan think-pair-share yaitu motivasi mahasiswa, materi pembelajaran yang menarik membuat mahasiswa lebih semangat dalam belajar, aktifitas dikelas membuat mahasiswa lebih aktif dan kreatif pada pelajaran berbicara dan kerja kelompok membuat mahasiswa lebih mudah dalam melatih kemampuan berbicara dan membuat mereka lebih percaya diri dalam penampilan berbicara. Key Words: speaking skill and think-pair-share strategy