Abstract
Abstrak: Artikel ini ditulis untuk mengetahui pengaruh penggunaan dari Numbered Heads Together dan motivasi membaca terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif dan naratif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experimen dengan menggunakan rancangan factorial 2x2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan teknik Numbered Heads Together mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dalam teks deskriptif dan naratif dibandingkan siswa yang diajarkan dengan teknik Question Answer Relationship, (2) siswa dengan motivasi membaca yang tinggi yang diajarkan dengan teknik Numbered Heads Together mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dalam teks deskriptif dan naratif dibandingkan dengan yang diajarkan dengan teknik Question Answer Relationship, (3) siswa dengan motifasi membaca yang rendah yang diajarkan dengan teknik Numbered Heads Together mempunyai pemahaman membaca yang lebih baik dalam teks deskriptif dan naratif dibandingkan dengan yang diajarkan dengan teknik Question Answer Relationship, (4) tidak terdapat interaksi antara kedua teknik dan motivasi membaca siswa terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif dan naratif.
Keywords : numbered heads together, reading motivation, students’ reading comprehension, descriptive, narrative text