THE EFFECT OF USING ADVENTURE GAME AND PICTURE ON INTROVERTED STUDENTS’ SPEAKING SKILL

Rona Elfiza(1), Jufrizal .(2), Kusni .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Artikel ini menyajikan hasil penelitian yang bertujuan untuk menguji apakah siswa introvert yang diajar dengan menggunakan adventure game memiliki keterampilan berbicara dalam teks deskriptif lebih baik daripada siswa introvert yang diajar dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi experimen. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas VIII SMPN 1 Talamau yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri 125 siswa yang tersebar dalam lima kelas Dengan menggunakan lotre, diperoleh kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas control. Masing-masing kelas terdiri dari  25 siswa Sebelum diberikan treatment dilakukan penentuan siswa yang memiliki kepribadian introvert dan ekstrover. Setelah ditentukan peneliti fokus pada siswa introver. Data penelitian dikumpulkan melalui tes (post test only) dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil analis data menunjukkan bahwa Keterampilan berbicara siswa introvert yang diajar dengan menggunakan adventure game lebih baik daripada keterampilan berbicara siswa introvert yang diajar dengan menggunakan media gambar. Dari temuan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan adventure game memberikan pengaruh lebih yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa introvert di SMPN 1 Talamau daripada penggunaan media gambar.


Key Words: Adventure Game, Pictures,Introverted Students, Speaking Skill

Article Metrics

 Abstract Views : 346 times
 PDF Downloaded : 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.