THE EFFECT OF USING ADVENTURE GAME AND PICTURE ON INTROVERTED STUDENTS’ SPEAKING SKILL
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak: Artikel ini menyajikan hasil penelitian yang bertujuan untuk menguji apakah siswa introvert yang diajar dengan menggunakan adventure game memiliki keterampilan berbicara dalam teks deskriptif lebih baik daripada siswa introvert yang diajar dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi experimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Talamau yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri 125 siswa yang tersebar dalam lima kelas Dengan menggunakan lotre, diperoleh kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas control. Masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa Sebelum diberikan treatment dilakukan penentuan siswa yang memiliki kepribadian introvert dan ekstrover. Setelah ditentukan peneliti fokus pada siswa introver. Data penelitian dikumpulkan melalui tes (post test only) dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil analis data menunjukkan bahwa Keterampilan berbicara siswa introvert yang diajar dengan menggunakan adventure game lebih baik daripada keterampilan berbicara siswa introvert yang diajar dengan menggunakan media gambar. Dari temuan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan adventure game memberikan pengaruh lebih yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa introvert di SMPN 1 Talamau daripada penggunaan media gambar.
Key Words: Adventure Game, Pictures,Introverted Students, Speaking Skill
Article Metrics
Abstract Views : 346 timesPDF Downloaded : 301 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.