AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN BUILDING COHESION AND COHERENCE IN ARGUMENTATIVE ESSAYS WRITTEN BY THE FOURTH YEAR STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITY OF BENGKULU

Zia Hisni Mubarak(1), Hamzah .(2), Desmawati Radjab(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Ada beberapa permasalahan mendasar menulis seperti; kesalahan gramatikal, kohesi dan koheren, dan isi serta organisasi. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada awal penelitian maka tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kemampuan mahasiswa tahun ke-empat dalam membangun kohesi dan koheren dalam menulis essai argumentatif pada program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun ke-empat program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Bengkulu yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui test menulis essai argumentatif. Data di analisa dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam membangun kohesi adalah Low Average (LA) dan kemampuan mahasiswa dalam membangun  koheren adalah Low Average (LA) dimana skor rata-rata menunjukkan bahwa beberapa siswa memiliki skor dengan rentang 3-3.5 yang berarti bahwa mereka memiliki pemahaman yang rendah terhadap macam-macam kohesi dan koheren.

 

Key Words: Student ability, Building cohesion and coherence, Argumentative Essays writing

Article Metrics

 Abstract Views : 611 times
 PDF Downloaded : 400 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.