The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Pemahaman membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SDN 6 Pekanbaru belum memuaskan. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan hasil membaca siswa. Untuk itu dilakukan upaya meningkatkan pemahaman membaca dengan menggunakan Intensive Reading Technique. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah Intensive Reading Technique dapat meningkatkan hasil pemhaman membaca siswa, 2) Faktor apa sajakah yang meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Intensive Reading Technique Kelas 5 D SDN 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah siswa kelas V D SDN 6 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa hasil test, lembar Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat hasil pemahaman membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Intensive Reading Technique dapat meningkatkan pemahaman membaca pada tiap indikatornya. observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat hasil pemahaman membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Intensive Reading Technique dapat meningkatkan pemahaman membaca pada tiap indikatornya. Selanjutnya terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 67 pada pre-test, 72 pada siklus 1, dan 77 pada siklus 2. Ada 3 faktor yang mempengaruhi hasil pemahaman membaca siswa: strategi pembelajaran, materi, dan evaluasi tes.

Key word:  Reading comprehension, Intensive reading technique