The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa. Namun pada kenyataannya, terdapat masalah dalam proses belajar dan mengajarnya. Sebagian guru bahasa Inggris masih mengalami kesulitan dalam proses pengajaran speaking. Guru-guru menemukan masalah serius terkait dengan keterampilan berbicara siswa. Artikel ini terkait dengan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menginvestigasi sejauh mana efek dari metode pengajaran Content Based Instruction (CBI) dan Task-Based Language Teaching (TBLT) dalam memperbaiki keterampilan berbicara serta motivasi berbicara pada siswa. Penelitian ini bersifat eksperimental dan dilakukan terhadap 60 siswa pada semester kedua di Departemen Bahasa Inggris Universitas Islam Indragiri. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan test speaking pada siswa dan kemudian dianalisis dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Task-Based Language Teaching (TBLT) dan Content-Based Instruction (CBI) memberikan efek yang sama terhadap keterampilan berbicara siswa dan metode pengajaran speaking dengan menggunakan metode Task-Based Language Teaching (TBLT) dan Content-Based Instruction (CBI) memberikan efek yang berbeda terhadap motivasi berbicara siswa.

 

Keywords : Content Based Intruction (CBI), Task-Based Language Teaching (TBLT), Speaking Skill, and Speaking Motivation.