The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah; pertama untuk menerangkan bagaimana video dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Kedua, untuk menemukan faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan kemampuan menulis teks Narrative pada siswa kelas XII IPA.2 SMAN 2 Bukittinggi melalui video. Penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas. Prosedure penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Bukittinggi pada tahun pelajaran20012/2013. Partisipannya adalah siswa kelas XII IPA2 disekolah tersebut. Instrumen penelitian adalah data kwantitatif dan kwalitatif. Data-data tersebut di analisa untuk menerangkan bagaimana kemampuan menulis teks Narrative merka meningkan melalui video dan faktor apa saja yang mempengaruhinya

Hasil penelitian menunjukkan bahwa video dalam dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis naratif dari siklus 1 sampai siklus 3. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dari nilai menulis siswa dimana mereka dapat secara bertahap meningkatkan nilai mereka. Peningkatan juga dapat dilihat dari penampilan siswa dalam belajar selama proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dan semua siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa lebih antusias mengikuti pelajaran sehingga kelas menjadi lebih kondusif. Dari penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menulis siswa dipengaruhi oleh empat faktor; kegiatan di kelas, materi, manajemen kelas, dan pendekatan guru. Dengan menganalisa hasil dari observasi dan tes, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa dan menjadi salah satu cara tepat dalam pengajaran menulis.

Key words       : Writing Skill, Video, Senior High School