The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana retorika penulisan pendahuluan proposal penelitian mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Retorika penulisan yang digunakan sebagai pedoman penelitian adalah Swales’ CARS model yang terdiri dari 3 langkah (move) yaitu: 1) Establishing the Territory (Move 1), 2) Establishing the Niche (Move 2) dan 3) Occupying the Niche (Move 3). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sumber data berupa pendahuluan proposal sejumlah 16 buah yang dipilih dengan teknik sampel acak stratifikasi. Data dikumpulkan melalui instrument berbentuk lembaran pengkodean dan catatan pengkodean. Selanjutnya data direduksi, ditampilkan dan diinterpretasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar: 1) area penelitian yang dituliskan dalam Establishing the Territory (Move 1) masih terlalu luas dan tidak sesuai dengan masalah penelitian bahkan ditulis berulang-ulang dan tumpang tindih dengan moves lainnya, 2) masalah penelitian yang seharusnya disebutkan dalam pendahuluan belum sesuai dengan kriteria Establishing the Niche (Move 2) sehingga apa yang akan diteliti tidak tertera dengan jelas dan 3) tujuan serta pertanyaan penelitian dalam Occupying the Niche (Move 3) juga masih belum dituliskan dengan tepat dan belum sesuai dengan permasalahan penelitian.

Keywords  : introduction, rhetorical structure, Swales’ CARS model