The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan menulis. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah graphic organizer strategy dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dan untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan menulis. Penelitian ini telah dilakukan di program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tahun kedua kelas A yang berjumlah duapuluh lima mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya teridiri dari lima kali pertemuan. Peneliti dan kolaborator mendapatkan data pada setiap siklus dari mengobservasi, catatan lapangan, wawancara, dan latihan dan tes menulis.Setelah menganalisis dan mengkalkulasikan data, ditemukan bahwa graphic organizer strategy dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dalam konten, organisasi, kosa kata, tata bahasa, dan mekanik. Ini dapat dilihat peningkatan dari rata-rata hasil belajar dari 61.76 pada preliminary test, 73.6 setelah siklus 1, dan 79.04 setelah siklus 2. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan menulis paragraph mahasiswa adalah materi, media, aktivitas kelas, majemen kelas, strategi guru, dan pendekatan guru. Berdasarkan penemuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, graphic organizer stategy dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dan graphic organizer stategy dapat membangun kepercayaan diri dan partisipasi mahasiswa.

 

 

Key words: writing skill, graphic organizer strategy