Abstract
Abstrak: Keterampilan menulis siswa kelas XI IPA 2 pada SMA N 1 Teluk Kuantan masih belum mencapai criteria ketuntasan minimal yang ditetapkan kurikulum SMA N 1 Teluk Kuantan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban tentang apakah video animasi dapat mengatasi masalah siswa dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks narrative menjadi lebih baik, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatkan keterampilan menulis tersebut. Peserta pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Teluk Kuantan yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa hasil test, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks narrative melalui beberapa proses yakni; memberikan pemahaman kepada siswa, mendiskusikan kosa kata sebelum siswa menulis, dan membantu siswa ketika menulis. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa pada nilai awal (basic score) adalah 60.3, kemudian pada tes I adalah72.0, dan pada tes II adalah 79.6. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks narrative adalah materi, media, pendekatan guru, latihan menulis, dan interaksi siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan video animasi pada pengajaran menulis teks narrative dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Key words: Writing Skill, Narrative Texts, Animation Video.