Abstract
Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menemukan pengaruh dari strategi Think Pair Share dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara mereka pada teks deskriptif. Penelitian ini merupakan semi experimental dengan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini adalah hasil uji kemampuan berbicara dan hasil angket motivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan strategi Think Pair Share memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik pada teks deskriptif dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pengajaran konvensional, (2) siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan strategi Think Pair Share memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik pada teks deskriptif dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pengajaran konvensional, (3) siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan dengan strategi Think Pair Share memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik pada teks deskriptif dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pengajaran konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara kedua strategi dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara pada teks deskriptif.
Keywords : Think Pair Share Strategy, students’ motivation, students’ speaking skill