Abstract
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Mind Mapping Technique dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara melalui teks deskriptif, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan keterampilan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima kali pertemuan. Masing – masing siklus terdiri dari plan, action, observation, dan reflection. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas X-1 Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK N 1 Panyabungan yang berjumlah 44 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui: (1) lembar observasi; siswa, guru, langkah mengajar(2) catatan lapangan (3) wawancara, dan (4) tes berbicara. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan Mind Mapping technique dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara melalui teks deskriptif. Faktor- faktor yang mrmpengaruhi peningkatan keterampilan siswa dalam berbicara melalui teks deskriptif adalah (a) media pembelajaran yang menarik, materi yang menarik, kegiatan belajar dikelas yang menyenangkan, pengelolaan kelas yang menyenangkan, pendekatan guru yang menarik,dan strategi mengajar guru.
Keywords : speaking skill, Descriptive Texts, Mind Mapping