Abstract
Abstrak: Pengajaran menulis dalam bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan bertujuan untuk memampukan siswa untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris dalam bentuk tulisan. Oleh sebab itu pendekatan yang dipakai adalah pendekatan yang komunikatif. Meskipun pendekatan ini sudah diterapkan oleh para guru namun belum mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau sejauh mana prinsip-prinsip dari pendekatan tersebut telah diterapkan oleh para guru terutama dalam mengajar penulisan surat-surat bisnis dalam bahasa Inggris di SMK N II Bukittinggi. Tiga orang guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas tiga, di pilih sebagai subjek penelitian melalui teknik purposive sampling. Data dari penelitian ini diambil melalu pengamatan kelas dan wawancara. Dari hasil pengamatan dan wawancara inilah diketahui bahwa keseluruhan dari prinsip pendekatan yang kommunikatif belum diterapkan secara maksimal misalnya tidak diikutsertakannya siswa dalam proses penkoresian, tidak di dorongnya siwa untuk menulis diluar kelas serta adanya guru yang tidak setuju dengan kegiatan kerja kelompok dalam kegiatan menulis di kelas. Oleh sebab itu, disarankan pada para guru untuk lebih mendalami semua prinsip-prinsip dari pendekatan komunikatif ini sehingga bisa diterapkan dengan lebih baik untuk mencapai hasil yang lebih baik pula.
Key words : Implementation, CLT, Bussiness letter writing