Abstract
Abstrak: Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan pemahaman membaca teks recount siswa dengan menggunakan teknik mengajar yang selama ini dipakai. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan tekhnik Two Stay Two Stray untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan di kelas VIII 1 SMP N 2 Tilatang Kamang Agam terhadap 20 siswa pada bulan September 2012. Tiap siklus terdiri dari tiga kali tatap muka dengan menggunakan Two Stay Two Stray dan satu kali tes. Data diperoleh melalui nilai tugas dan tes, lembar observasi, wawancara, catatan lapangan. Temuan penelitian ini menunjukkan : (1) Two Stay Two Stray teknik mampu meningkatkan kemampuan pemahaman membaca teks recount siswa yang terlihat dari peningkatan proses pembelajaran dimana siswa menjadi lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan lebih mudah memahami teks recount yang mereka baca. Disamping itu nilai rata-rata tes siswa juga meningkat pada setiap siklus. Rata-rata nilai pre-reading tes adalah 57.00, meningkat menjadi 68.50 pada tes I dan menjadi 75.50 pada tes II. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut yaitu; materi ajar, teknik mengajar membaca, pengelolaan kelas dan pengetahuan awal siswa..
Key Words: Reading Comprehension, Recount text, Two Stay Two Stray technique