THE CONTRIBUTION OF STUDENTS’ SPEAKING LEARNING STRATEGIES AND MOTIVATION TOWARD THEIR SPEAKING SKILL AT STAIN BATUSANGKAR

Ridianto .(1), Zainil .(2), Hamzah .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan strategi belajar berbicara dan motivasi terhadap keterampilan berbicara pada mahasiswa Tadris Bahasa Inggris STAIN Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Tadris Bahasa Inggris STAIN Batusangkar tahun akademik 2011/2012, yang berjumlah 80 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 62 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk variable strategi belajar berbicara dan motivasi, dan tes untuk variable keterampilan berbicara. Seluruh data penelitian dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 16. Temuan menunjukkan bahwa terdapat sumbangan yang signifikan antara strategi belajar berbicara terhadap keterampilan berbicara, motivasi terhadap keterampilan berbicara, dan secara bersama-sama strategi belajar berbicara dan motivasi memberikan sumbangan terhadap ketereampilan berbicara pada mahasiswa Tadris Bahasa Inggris STAIN Batusangkar. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi belajar berbicara dan motivasi mahasiswa memberikan sumbangan terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris pada mahasiswa semester VI STAIN Batusangkar.

Keywords: Speaking Learning Strategies, Speaking Motivation, Speaking Skill


Article Metrics

 Abstract Views : 172 times
 PDF Downloaded : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.