THE INFLUENCE OF CONTEXT CLUES MASTERY IN STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT AT STKIP “TAPANULI SELATAN” PADANGSIDIMPUAN

Melwan Ady Rezki Harahap(1), Mukhaiyar .(2), Hamzah .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan  context clues terhadap pemahaman membaca teks deskripsi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris pada  semester tiga di STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat jenis context clues  yang mana yang lebih mudah di pahami mahasiswa dalam mengidentifikasi kata baru. Penelitian ini adalah penelitian experimen. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester tiga pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan tahun akademik 2012-2013. Sampel dari penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling  yang terdiri dari tiga kelas paralel dan homogeny yaitu kelas A, B, dan C. Sampel dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas A sebagai kelas experimen yang diajarkan dengan context clues sedangkan kelas B sebagai kelas kontrol diajar dengan menggunakan kamus. Tes pilihan berganda digunakan untuk mengukur pemahaman membaca siswa untuk memperoleh data  dengan pretest dan posttest. Untuk melihat keefektifan dari context clues, data di analisis dengan menggunakan ttest. Dari analisis data, ditemukan bahwa mahasiswa yang diajar dengan context clues lebih baik pemahaman membaca daripada menggunakan kamus. Untuk memahami kata sulit, mahasiswa lebih mudah dalam penentuan example clues. Dengan kata lain, mengajar reading dengan menggunakan context clues memiliki pengaruh yang siknifikan jika dibandingkan dengan yang menggunakan kamus. Kesimpulannya, hasil nilai membaca mahasiswa dari kelas eksperimen dan control berbeda.

Key words: context clues, reading comprehension, descriptive text


Article Metrics

 Abstract Views : 404 times
 PDF Downloaded : 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.