STUDENTS’ READING ABILITY AND PROBLEMS IN ANSWERING QUESTIONS OF RECOUNT AND NARRATIVE TEXTS AT GRADE VIII OF SMP 33 PADANG

Arlina .(1), Jufrizal .(2), Yenni Rozimela(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan membaca siswa tentang teks recount dan narrative serta menganalisis kesulitan atau masalah yang mereka hadapi dalam menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 33 Padang tahun akademik 2011/2012 dengan sample sebanyak 46 siswa. Data dikumpulkan melalui tes membaca dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks recount dan naratif masih rendah, yang terlihat dari skor yang diperoleh siswa. Banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Penelitian ini juga mengungkapkan masalah yang dihadapi siswa dalam membaca, yaitu bahasa, kosakata, indikator membaca dan jenis kata tanya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks recount dan narrative masih rendah disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman dalam membaca teks tersebut.

Kata Kunci: Reading ability, Problems, Answering questions, Recount text, Narrative text


Article Metrics

 Abstract Views : 965 times
 PDF Downloaded : 254 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.