IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL OF RECOUNT TEXTS BY USING THINK-TALK-WRITE STRATEGY AT GRADE VIII-B OF MTS SMQ BANGKO

Eka Puji Astuti(1), Zainil .(2), Kusni .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menemukan pengaruh dari startegi Think-Talk-Write terhadap keterampilan menulis siswa mengenai recount text pada kelas VIII-B MTs SMQ Bangko. Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan apakah strategi Think-Talk Write dapat meningkatkan proses belajar pada teks recount, dan faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua sikus, setiap siklus terdiri dari lima pertemuan. Peneliti di bantu oleh dua guru sebagai kolaborator. Peneliti menggunakan tes menulis, daftar ceklist untuk observasi dan catatan lapangan, dan wawancara sebagai instrumennya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa terhadap teks recount meningkat melalui strategi Think-Talk-Write. Peningkatan di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti topik yang sesuai, menghubungkan membaca dan menulis, otentik dan interaktif aktivitas, dan teknik mengajar guru.

Keywords  : writing skill, recount texts, think-talk-write strategy


Article Metrics

 Abstract Views : 415 times
 PDF Downloaded : 730 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.