AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ARGUMENTATIVE ELEMENTS AND FALLACIES IN STUDENTS’ DISCUSSION ESSAYS
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana mahasiswa jurusan bahasa Inggris UNP menyajikan unsur-unsur argumen, apa saja bentuk kesalahan logika yang umumnya dibuat oleh mahasiswa serta bagaimana kedua aspek diatas dapat menggambarkan kualitas esai “discussion” mahasiswa secara keseluruhan. Penilaian dan penyajian unsur-unsur argumen dalam bentuk grafik, pengidentifikasian kesalahan logika, dan penilaian terhadap kualitas tulisan siswa adalah beberapa prosedur yang dilakukan pada analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bawah tulisan mahasiswa yang memiliki kualitas bagus cenderung merupakan penggabungan antara argumen dan argument kontra dalam pendapat mereka. Berkaitan dengan struktur argumen, argumen majemuk (multiple arguments) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kualitas tulisan siswa. Selanjutnya ditemukan bahwa kesalahan logika hasty generalization dan post hoc ergo proper hoc adalah dua tipe kesalahan logika yang paling banyak dibuat oleh mahasiswa. Hal ini menunjukan bahwa masih kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menyajikan bukti terhadap opini yang mereka kemukakan. Namun demikian, kedua kesalahan logika tersebut tidak dapat menggambarkan kualitas tulisan mahasiswa karena hampir seluruh mahasiswa membuat kesalahan logika tersebut.
Key words: unsur-unsur argumen, kesalahan logika, esai “discussion”
Article Metrics
Abstract Views : 521 timesPDF Downloaded : 551 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.