The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian ini terdiri dari masalah, tujuan penelitian, metode, temuan penelitian dan kesimpulan. Penelitian ini terfokus kepada kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Teks deskriptif termsuk kedalam jenis teks yang tidak terlalu sulit namun masih ditemukan beberapa kesulitan yang dihadapi siswa saat menulis karangan ini, inilah yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes menulis sebagai instrumennya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kuantitatif. Komponen-komponen yang dianalisis adalah pengembangan ide, pengorganisiran ide, tata bahasa, kosa kata dan tanda baca. Peneliti menganalisis kemampuan menulis siswa berdasarkan lima kategori: sangat bagus, bagus, cukup, lemah, kurang dan sangat kurang. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Padang kelas XI IPA1. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam mengorganisir dan mengembangkan ide. Mereka tidak mampu mengembangkan ide pada teks yang mereka tulis. Sedangkan pada komponen grammar tidak ditemukan kesulitan yang mendasar. Pada komponen kosa kata juga masih ditemukan beberapa kesulitan dalam mengaplikasikan kosa kata bahasa inggris yang baik dan masih menggunakan kosa kata bahasa indonesia. Untuk komponen tanda baca juga tidak ditemukan kesalahan yang begitu berarti. Berdasarkan hasil penelitian ini guru disarankan untuk lebih memperhatikan pengajaran struktur teks deskriptif dalam pengembangan ide, pengaturan ide, grammar, kosa kata san mekanik. Guru juga diharapkan lebih banyak memberikan contoh dan latihan mengenai deskriptif teks kepada siswa sehingga tercapai tujuan pendidikan dengan baik, khususnya mata pelajaran bahasa inggris

Kata Kunci: Students’ Writing Skill, Descriptive Text