The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru bahasa inggris di MAN 1 Padang menerapkan group work  dalam pembelajaran speaking. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui masalah yang ditemukan guru dalam penerapan strategy ini. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab masalah-dalam penerapan strategi ini.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe case study design. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan di masing-masing kelas dan setelah itu dilakukan wawancara terhadap semua guru dan beberapa orang siswa dari masing-masing kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar di kelas X dan siswa dikelas X MAN 1 Padang. Temuan penelitian menunjukan bahwa guru bahasa inggris di MAN 1 Padang belum nenerapkan group work secara optimal. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman terhadap cara penggunaan strategi tersebut. Disamping itu guru menemukan kesulitan dalam menerapkan group work kepada siswa. Guru juga menenemukan kesulitan yang berkaitan dengan ketersediaan waktu, kurangnya kreatifitas guru, jumlah siswa dalam 1 kelas, sumber bahan ajar, dan ketidakmampuan guru dalam memberikan motivasi dan pertisipasi siswa. Dari temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru-guru bahasa inggris di MAN 1 Padang perlu meningkatkan pengetahuan mereka dalam menerapkan group work khususnya dalam pembelajaran speaking.

Kata-Kata Kunci: group work, speaking activity