THE EFFECT OF GENERATING INTERACTION BETWEEN SCHEMATA AND TEXT (GIST) STRATEGY AND MOTIVATION ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF HORTATORY EXPOSITION TEXT AT SMA 3 PADANG
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru bahasa inggris di MAN 1 Padang menerapkan group work dalam pembelajaran speaking. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui masalah yang ditemukan guru dalam penerapan strategy ini. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab masalah-dalam penerapan strategi ini.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe case study design. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan di masing-masing kelas dan setelah itu dilakukan wawancara terhadap semua guru dan beberapa orang siswa dari masing-masing kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar di kelas X dan siswa dikelas X MAN 1 Padang. Temuan penelitian menunjukan bahwa guru bahasa inggris di MAN 1 Padang belum nenerapkan group work secara optimal. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman terhadap cara penggunaan strategi tersebut. Disamping itu guru menemukan kesulitan dalam menerapkan group work kepada siswa. Guru juga menenemukan kesulitan yang berkaitan dengan ketersediaan waktu, kurangnya kreatifitas guru, jumlah siswa dalam 1 kelas, sumber bahan ajar, dan ketidakmampuan guru dalam memberikan motivasi dan pertisipasi siswa. Dari temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru-guru bahasa inggris di MAN 1 Padang perlu meningkatkan pengetahuan mereka dalam menerapkan group work khususnya dalam pembelajaran speaking.
Kata-Kata Kunci: group work, speaking activity
Article Metrics
Abstract Views : 476 timesPDF Downloaded : 561 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.