The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fosilisasi terhadap kesalahan ejaan huruf yang dilakukan oleh mahasiswa di Universitas Bung Hatta. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 30 mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa pada semester III dan IV yang mengikuti mata kuliah Writing II dan Writing III. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah teks tulisan, tes ejaan, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesalahan ejaan dan fosilisasi kesalahan ejaan untuk semua kategori. Dari delapan kategori kesalahan ejaan – penghilangan, penambahan, penggantian, perubahan posisi huruf, penggunaan apostrofi, penulisan mengikuti bunyi, penyamarataan pola kata, dan pemisahan atau penggabungan kata – penggantian huruf merupakan kategori kesalahan penulisan ejaan dan kategori fosilisasi kesalahan penulisan ejaan dengan frekuensi kesalahan paling banyak ditemukan pada tulisan mahasiswa, penghilangan huruf merupakan kategori kesalahan penulisan ejaan dengan jumlah partisipan terbanyak. Sementara itu, hal yang menyebabkan fosilisasi kesalahan penulisan ejaan tersebut adalah kurang pekanya terhadap input.

Keywords: Fossilization Spelling Errors, writing committed, English department