The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstract: Artikel ini menyajikan hasil penemuan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah siswa dengan minat rendah yang diajar dengan teknik PQRST memiliki pemahaman baca teks prosedur yang lebih tinggi dari pada siswa dengan minat rendah yang diajar dengan teknik QAR. Penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen dengan desain penelitian treatment by block. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 184 siswa yang tersebar di enam kelas. Sampel penelitian ini diambil melalui teknik intact group sampling. Dengan menggunakan lotre diperolehkelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagaikelas kontrol yang masing-masingnya terdiriĀ  dari30 siswa.Sebelum diberikan treatment, dilakukan penentuan siswa yang minat membacanya tinggi dan rendah. Setelah ditentukan, peneliti fokus pada siswa yang memiliki minat membacanya rendah. Data penelitian dikumpulkan melalui test (pretest dan posttest), dan angket yang kemudian dianalisis dengan uji Chi-Square, uji F (uji varians) dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa dengan minat rendah yang diajar dengan teknik PQRST memiliki pemahaman baca teks prosedur yang lebih tinggi dari pada siswa dengan minat rendah yang diajar dengan teknik QAR. Pengujian hipotesis menghasilkan harga thitung secara signifikan lebihbesar dari ttabel. Ini berarti bahwa hipotesis nol (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.

Key words: PQRST technique, QAR technique, students with low interest, reading comprehension, procedure texts