Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi belajar kosa kata yang paling sering digunakan oleh mahasiswa dan penggunaan strategi berdasarkan pencapaian hasil belajar kosa kata yang tergolong ke dalam pencapaian hasil belajar kosa kata tinggi, sedang, dan rendah, serta alasan penggunaan strategi tersebut. Partisipan dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa pada Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Bengkalis tahun akademik 2012/2013. Data dikumpulkan melalui tes kosa kata, angket, wawancara, dan observasi. Temuan penelitian deskriptif ini menunjukkan bahwa ‘expanding strategies’ adalah strategi yang paling sering digunakan, sedangkan ‘social discovery strategies’ adalah strategi yang paling jarang digunakan dalam belajar kosa kata. Kelompok pencapaian hasil belajar yang tergolong kedalam pencapaian hasil belajar kosa kata tinggi menggunakan ‘expanding strategies’ dan ‘guessing strategies’ strategi yang paling sering digunakan. Kelompok pencapaian hasil belajar kosa kata yang tergolong kedalam pencapaian hasil belajar kosa kata sedang menggunakan ‘expanding strategies’ dan ‘practice strategies’ sebagai strategi yang paling sering digunakan. Selanjutnya, kelompok pencapaian hasil belajar kosa kata yang tergolong kedalam pencapaian hasil belajar kosa kata rendah paling sering menggunakan ‘repetition strategies’ dan ‘expanding strategies’. Adapun alasan-alasan penggunaan strategi belajar kosa kata yang digunakan responden adalah aksesibilitas, ketertarikan, keakuratan, dan budaya.
Keywords: Vocabulary, learning strategy, achievement,