STUDENT’S ABILITY IN USING LEXICAL COLLOCATIONS IN DESCRIPTIVE WRITING AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF PADANG STATE POLYTECHNIC

Yalmiadi .(1), Jufrizal .(2), Hamzah .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis kolokasileksikal yang digunakan oleh mahasiswa dalam tulisan deskriptif, dan yang banyak salah dalam penggunaannya sertamen jelaskan penyebab kesalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Subjek penelitian adalah mahasiswa semester genap tahun akademik 2011/2012 sebanyak 22 mahasiswa yang dipilih menggunakan random sampling technic. Data diperoleh dari tulisan deskriptif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh jenis kolokasileksikal yang adaseperti; Verb [creation and or activation] + Noun (L1), Verb [eradictionand or nullification] + Noun (L2), Adjective + Noun (L3), Noun + Verb (L4), N1 + of + N2 (L5), Adverb + Adjective (L6), and Verb + Adverb (L7) dapat ditemui dalam tulisan mahasiswa tersebut.Jenis kolokasi yang banyak salah adalah (L3), (L1), dan (L4), sedangkan (L5), (L7), dan (L2) lebih sedikit, selanjutnya (L6) paling sedikit ditemui. Penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah: intervensi bahasa kedua, perbendaharaan kata, terjemahan per kata, terjemahan langsung, tidak memperhatikan aturan, serta kurangnya pengetahuan siswa tentang kolokasi itu sendiri.

Key words: Lexical collocation, descriptive writing.

Article Metrics

 Abstract Views : 134 times
 PDF Downloaded : 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.