Abstract
Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menemukan pengaruh dari Match Mine Game dan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berbicara mereka dalam teks deskriptif. Penelitian ini merupakan semi experimental dengan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini adalah hasil kemampuan berbicara siswa dan hasil angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan Match Mine Game mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dalam teks deskriptif dibandingkan siswa yang diajarkan dengan konvensional, (2) siswa dengan kepercayaan diri yang tinggi yang diajarkan dengan Match Mine Game mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dalam teks deskriptif dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (3) siswa dengan kepercayaan diri yang rendah yang diajarkan dengan Match Mine Game mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dalam teks deskriptif dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara kedua teknik dan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berbicara siswa dalam teks deskriptif.
Keywords : match mine game,students’ self-confidence, students’ speaking skill in descriptive text