HEADING TO ENLIGHTENMENT IN SHARON M. DRAPER’S NOVEL COPPER SUN

Ismaweni Isman(1), Kurnia Ningsih(2), An Fauzia Rozani Syafei(3),
(1) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 E-Journal English Language and Literature

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v6i1.9791

Full Text:    Language : en

Abstract


Skripsi ini merupakan analisis dari novel Copper Sun (2006) karya oleh Sharon M. Draper. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana usaha karakter untuk keluar dari perbudakan manusia dengan menimbulkan  kesadaran, menggali pengetahuan dan kemampuan diri. Permasalahan dari analisis ini adalah sejauh mana karakter mampu mengungkap isu menuju perubahan (Heading to Enlightenment), serta seberapa besar fungsi elemen-elemen fiksiseperti karakter, seting, dan konflik berpengaruh untuk memperlihatkan topik tersebut. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengungkapkan sejauh mana karakter mampu menunjukkan isu menuju perubahan, serta untuk mengetahui peran seting, dan plot dalam membantu karakter untuk mencapai tujuannya. Teori yang digunakan dalam analisis ini adalah konsep knowledge dari Jiang dan Patricia Collin, dan The Ego dari Freud. Metode yang dipakai adalah text-based interpretation dan context-based interpretation. Hasil dari kajian ini memperlihatkan perubahan dari diri karakter yang dilakukan dengan cara menggali kemampuan diri, dengan kata lain mereka mampu bertahan dan mencari celah untuk melarikan diri dari perbudakan manusia.

Keywords


heading/head to, enlightenment, awareness, knowledge, and skill

References


Collins, H. P. 2002. Black Feminist Though. Taylor & Francis e-Library.

Craighead, E & Nemeroff, C. 2004. The Concise Corsini Encyclopedia of Psychology and Behavioral Science. John Wiley & Son, Inc.: New Jersey.

Draper, S. 2006. Copper Sun. Simon Pulse: New York.

Engler, B. 2013. Personality Theories. Chapter 8, p;279-309. Wadsworth. Retrieved from www.abolongman.com/hinrichsle.

Ezenwanebe, C. 2015. Issues in Women's Liberation Struggles in Contemporary Nigeria: A Study of Ezeigbo's Hands that Crush Stone (2010). Journal of International Women's Studies, 16(3), 262-276.Available at: http://vc.bridgew.edu/jiws/vol16/iss3/17

Fischer, W. K. 1980. Psychological Review. A Theory of Cognitive Development: The Control and Construction of Hierarchies of Skills. Vol 87. University of Denver.

Jiang, X. 2005. Feminist Epistemology: An Introduction. Vol 1. P 56-57. University of Redlands.

Silima, N. 2013. Subjugation: A study of the women characters in Khalid Hosseini’s and Arundhati Roy’s novels. India: Indira Gandhi National Open University.

Wicklund, R. 1972. social psychology. Retrieved from http://what-when-how.com/social-sciences/self-awareness-theory-social-science/


Article Metrics

 Abstract Views : 213 times
 PDF Downloaded : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal English Language and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.