Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara dialek Indropuro dan bahasa standar Minangkabau guna melihat persamaan dan perbedaan dialek antara keduanya, sehingga dapat memperkaya poengetahuan di bidang linguistik terutama dalam dialektologi.

Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan metode deskriptif. Penerapan metode ini memungkinkan untuk membandingkan antara bahasa standar dengan dialek lain guna mengetahui seberapa dekat hubungan di antara keduanya. Oleh karena itu, peneliti mengumpulkan data melalui observasi langsung ke nagari Indropuro. Kemudian peneliti membandingkan dialek Indropuro dengan bahasa standar Minangkabau. Instrumen yang digunakan adalah alat perekam dan catatan pengamatan.

Dari hasil penelitian tentang persamaan, dapat dilihat bahwa dialek Indropuro mempunyai hubungan yang dekat dengan bahasa standar Minangkabau, karena dialek Indropuro merupakan salah satu bentuk variasi yang ada di dalam bahasa Minangkabau. Sedangkan perbedaan yang ditemukan berupa perbedaan kosakata dan akhiran dalam ujaran yang dipakai.