Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini menganalisa jenis-jenis tindak tutur ilokusi
yang terdapat pada slogan iklan minuman ringan di dalam majalah.
Bahasa iklan tidaklah sama dengan bahasa yang kita gunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Dalam makalah ini menggunakan
teori yang dikemukakan oleh Yule dalam mengidentifikasi dan
menganalisis jenis-jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan di
dalam slogan minuman ringan di majalah. Penulis mengumpulkan
data sebanyak 30 slogan minuman ringan didalam majalah. Dari
hasil analisis slogan minuman ringan di dalam majalah Penulis
menyimpulkan bahwa tipe tindak tutur ilokusi yang paling banyak
digunakan adalah representatif, karena dalam slogan iklan
minuman ringan penutur lebih sering menyatakan dan menjelaskan
kebenaran produk.
Kata Kunci: language, speech act, illocutionary acts,
advertisement, slogan.
Tujuan penelitian ini menganalisa jenis-jenis tindak tutur ilokusi
yang terdapat pada slogan iklan minuman ringan di dalam majalah.
Bahasa iklan tidaklah sama dengan bahasa yang kita gunakan
dalam kehidupan sehari-hari. Dalam makalah ini menggunakan
teori yang dikemukakan oleh Yule dalam mengidentifikasi dan
menganalisis jenis-jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan di
dalam slogan minuman ringan di majalah. Penulis mengumpulkan
data sebanyak 30 slogan minuman ringan didalam majalah. Dari
hasil analisis slogan minuman ringan di dalam majalah Penulis
menyimpulkan bahwa tipe tindak tutur ilokusi yang paling banyak
digunakan adalah representatif, karena dalam slogan iklan
minuman ringan penutur lebih sering menyatakan dan menjelaskan
kebenaran produk.
Kata Kunci: language, speech act, illocutionary acts,
advertisement, slogan.