AN ANALYSIS OF ILLOCUTIONARY ACT USED IN ADVERTISEMENTS BROADCASTED AT RADIO STATION IN PADANG

Ivo Ariesty W, Rusdi Noor Rosa (p: 49-57)(1),
(1)  

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v1i2.898

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis
Illocutionary act yang digunakan dalam iklan yang disiarkan
melalui radio. Data penelitian ini adalah 10 iklan dalam bentuk
percakapan yang disiarkan di Radio Sushi FM Padang. Data
dikumpulkan dengan menggunakan metode rekam dan dianalisis
menggunakan teori yang dikemukakan oleh Searle tentang jenisjenis
illocutionary act yakni declarative, representative, expressive,
directive dan commissive. Berdasarkan analisa data, diperoleh
kesimpulan bahwa jenis expressive yang muncul sebanyak 39 kali
(44,83%), jenis directive muncul sebanyak 26 kali (29,89%), jenis
representative muncul sebanyak 14 kali (16,09%), jenis declarative
muncul sebanyak 5 kali (5,75%), dan jenis commissive muncul
sebanyak 3 kali (3,45%).
Kata Kunci: illocutionary acts, advertisements, radio station.

Article Metrics

 Abstract Views : 204 times
 PDF Downloaded : 543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)